Pentingnya Logo Perusahaan, Proses Branding Bisnis yang Sukses

 

Pentingnya Logo Perusahaan,  Proses Branding Bisnis yang Sukses


Logo merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi perusahaan atau pelaku usaha dalam berbisnis. Logo dapat mencerminkan identitas dari perusahaan atau usaha yang dijalankan supaya lebih dikenal oleh banyak orang. 

Biasanya logo didesain berdasarkan filosofi yang terkandung dalam logo tersebut. Salah satu cara untuk membangun brand pada suatu usaha yaitu dengan menampilkan logonya, kareena logo disini akan membuat suatu produk atau layanan yang ditawarkan menjadi lebih menarik. Logo juga memiliki fungsi untuk mengenalkan produk kepada masyarakat dan memperkuat iklan. Logo memiliki banyak manfaat bagi bisnis, diantaranya:

1.    Dapat membedakan produk

Biasanya dalam suatu produk atau usaha yang membedakkan antar produk dilihat dari ciri khas berupa logonya. Keunikan yang terkandung dalam logo akan membuat konsumen lebih tertarik dalam membeli produk tersebut. Selain itu konsumen akan lebih mudah mengingat produk atau jasa melalui logo perusahaan.

2.    Dapat membuat brand mudah dikenal

Memiliki merek tersendiri akan membuat produk yang ditawarkan mudah dikenal oleh masyarakat luas. Adanya logo yang ditampilkan dapat meningkatkan kepercayaan pembeli, itulah sebabnya terkadang konsumen itu lebih memiliki produk atau jasa yang memiliki logo, apalagi logo yang sudah terkenal.

3.    Sebagai image perusahaan

Disini selain menciptakan produk yang khas, suatu bisnis atau perusahaan akan lebih dikenali oleh konsumen dengan melihat logonya. Sebab logo merupakan wajah dari perusahaan itu sendiri. Secara tidak langsung adanya logo memberikan pernyataan bahwa perusahaan tersebut lebih menonjolkan kesan tertentu seperti, modern, klasik, dan feminim.

4.    Sebagai penarik perhatian

Logo yang unik nantinya akan menarik perhatian konsumen yang melihat. Perusahaan dapat menyampaikan visinya melalui logo yang dicantumkan.

5.    Dapat meningkatkan loyalitas brand

Agar terlihat lebih adaptif, perusahaan mengganti logonya berkali-kali, padahal ini akan membuat konsumen kesulitan dalam mengenal brand produk. Selanjutnya konsumen akan ragu dalam membeli produk atau menggunakan jasa karena logo yang digunakan berbeda dengan sebelumnya. Padahal produk tersebut benar-benar berasal dari perusahaan yang disukai konsumen tersebut, inilah nantinya yang akan menimbulkan bisnis sulit berkembang. Oleh sebab itu logo yang khas dan tidak di gonta-ganti dapat meningkatkan loyalitas konsumen.

6.    Menjadi bentuk profesionalisme perusahaan

Untuk bisnis pemula, logo menjadi bagian penting sebagai bentuk profesionalitas. Adanya logo dapat mencerminkan keseriusan dalam berusaha. Selain itu dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk yang ditawarkan.

7.    Menandakan kepuasan dan kualitas perusahaan setra menjadi identitas suatu perusahaan.

Demikian yang menjadi alasan pentingnya suatu logo bagi bisnis yang dapat dilihat dari manfaat yang akan diperoleh. Adapun beberapa cara yang bisa dilakukan dalam pembuatan logo oleh pelaku usaha yaitu:

1.    Mencari referensi logo. Hal ini dilakukan sebagai langkah awal dalam memahami logo dengan contoh logo dari perusahaan lain, sehingga nantinya akan menjadi ide atau referensi dalam pembuatan logo.

2.    Memahami latar belakang bisnis. Pelaku usaha terlebih dahulu mengetahui latar belakang dari bisnis yang dijalani seperti visi dan misinya dan siapa target pasarnya. Dengan mengetahui latar belakang bisnis, pelaku usaha dapat dengan mudah mendesain logo. Contohnya apabila usahanya bergerak dibidang makanan maka logo bisnis tersebut menggambarkan tentang bisnis yang dijalani

3.    Menentukan filosofi logo. Inilah alasan mengapa logo tidak bisa dibuat secara sembarangan karena dalam suatu logo itu dimuat filosofinya. Logo dibuat dengan kreativitas dan pemikiran yang matang, adanya filosofi akan memberikan kesan makna yang mendalam pada logo yang dibuat, Sehingga tidak hanya sekedar bisnis saja. Contoh dalam filosofinya bisa berupa pilihan warna, misalkan dominan warna merah yang terkesan pemberani

4.    Membuat logo yang unik dan sederhana. Karena Logo yang demikian lebih mudah diingat oleh masyarakat.

Logo dan nama bisnis merupakan suatu halyang sangat penting  dan beresiko dalam branding produk, karena sebagai gambaran dari terbentuknya produk atau perusahaan. Namun terkadang logo ini merupakan salah satu hal yang dilupakan oleh perusahaan. 

Padahal meskipun produknya bagus namun tidak memiliki logo tersendiri, maka produk tersebut akan sulit dikenali. Bahkan bisa ditiru oleh pebisnis yang lain. Bahkan banyak sekali perusahaan atau pelaku usaha yang menggunakan jasa konsultan dengan mengeluarkan biaya yang besar untuk membuat logo yang menarik. Nama dan logo menjadi gambaran karakter bagi perusahaan, pastikan dalam pembuatan logo tidak berbelit-belit supaya mudah diingat oleh masyarakat.

Itulah alasan mengapa logo sangat penting bagi bisnis dan perusahaan, dengan adanya logo yang menarik dapat menimbulkan daya tarik konsumen dalam membeli  dan memiliki brand tersendiri bagi perusahaan. 

Untuk para pelaku usaha yang tertarik membuat desain logo dan ingin mendaftar hak cipta dan hak patennya dari usaha atau bisnis yang dijalankan maka bisa berkonsultasi dengan pihak yang lebih ahli, BOSA JASA menyediakan pembuatan logo dan jenis pelayanan lainnya yang dibutuhkan oleh para pelaku usaha secara amanah dan cepat. informasi lengkapnya bisa mengakses website www.bosajasa.com, atau bisa menghubungi nomor 081216319607.

 

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *