Ini Dia Manfaat Memiliki Rekening Perusahaan

 

manfaat memiliki rekening perusahaan


Pada saat seseorang telah memutuskan untuk mendirikan suatu perusahaan maka harus siap dengan segala yang dapat membantu perkembangan perusahaan yang sedang dibangun tersebut. Beberapa diantaranya barangkali kelihatan tidak penting lantaran perusahaan yang akan didirikan hanya berskala kecil atau bahkan mikro. Padahal, walaupun perusahaan yang akan didirikan memiliki skala kecil maupun mikro, suatu bisnis tetaplah memerlukan sejumlah aspek yang lazimnya ada pada perusahaan-perusahaan besar. Salah satu penting yang harus ada pada saat memutuskan untuk mendirikan perusahaan itu ialah memiliki rekening perusahaan. Pembuatan rekening perusahaan ini dibuat dengan tujuan untuk membantu dalam menghindari tercampurnya uang pribadi dengan uang milik perusahaan.

Merupakan sesuatu yang kurang tepat apabila para pelaku usaha mencampurkan uang pribadi dengan uang milik perusahaan. Sebagian dari mereka menganggap bahwa biar tidak repot atau malas dalam mengurus pembukaan rekening perusahaan. Padahal justru dengan mencampur antara uang pribadi dengan uang milik perusahaan akan semakin merepotkan dikemudian hari, apalagi pada saat nanti perusahaan yang didirikan semakin bertumbuh besar. Hal ini juga berlaku untuk pendirian PT Perseorangan yang telah disahkan melalui aturan Perundang-undangan No. 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja. Jangan beranggapan karena pendirinya hanya satu orang saja maka tidak perlu membuat rekening perusahaan, sebab meskipun pendirinya hanya satu orang tetap bisa membuka rekening perusahaan.

Dampak yang terjadi ketika bercampur antara uang pribadi dengan uang miliki perusahaan akan menghambat pada perkembangan perusahaan itu sendiri. Hal tersebut bisa saja terjadi karena uang yang seharusnya digunakan untuk modal malah terpakai untuk kebutuhan pribadi pemilik. Maka dari itu, sudah seharusnya bagi pendiri perusahaan untuk membuat rekening perusahaan. Rekening perusahaan ini secara sederhana merupakan rekening bank yang memang secara khusus dibuat untuk nasabah pelaku usaha atau sebuah perusahaan yang umumnya memberikan suku bunga lebih kompetitif dibandingkan dengan jenis tabungan lainnya.

Karena nasabah yang membuat rekening perusahaan bukan atas nama perorangan, maka terdapat karakteristik tertentu yang membedakan antara rekening jenis ini dengan rekening pada umumnya. Seperti misalnya untuk proses penarikan dana hanya bisa dilakukan dengan menggunakan cek atau bilyet giro. Selain itu, memiliki rekening perusahaan akan dapat menemukan detail transaksi yang lebih lengkap pada rekening koran perusahaan. Adapun secara lengkap mengenai karakteristik rekening perusahaan ini adalah sebagai berikut:

1.        Nasabah merupakan pelaku bisnis perorangan atau perusahaan

2.        Nasabah diharuskan mempunyai Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

3.        Karena dana perusahaan cenderung memiliki aktivitas transaksi yang cepat seiring dengan banyaknya transaksi yang dilakukan oleh perusahaan, maka rekening perusahaan bersifat likuid

4.        Sistem administrasi untuk jenis rekening ini lebih kompleks dibandingkan dengan jenis rekening pada umumnya

5.        Memiliki fitur dan layanan yang lebih lengkap seperti misalnya detail pada rekening koran yang isinya lebih detail dibandingkan dengan rekening koran biasa

6.        Batas penarikan atau pencairan dana lebih tinggi daripada rekening nasabah pada umumnya.

7.        Memiliki tingkat bunga yang kadang berbeda apabila dibandingkan dengan tingkat bunga rekening milik nasabah pada umumnya.

Karena kepemilikan pada rekening perusahaan ini merupakan sesuatu yang sangat penting, maka bagi para pelaku usaha yang tidak memiliki rekening perusahaan akan mendapatkan beberapa kerugian, diantaranya sebagai berikut:

1.        Perencanaan keuangan yang terganggu

Dengan masih bercampurnya antara uang pribadi dengan uang perusahaan, maka cashflow juga akan tercampur. Pemilik perusahaan akan sangat sulit dalam membedakan mana pemasukan untuk perusahaan mana pemasukan untuk pribadi. Selain itu, untuk kebutuhan perusahaan dan pribadi pun akan bercampur sehingga akan sulit dipisahkan yang mengakibatkan salah satu aktivitas diantaranya menjadi terganggu.

2.        Sulit dalam mengambil keputusan bisnis

Ketika uang pribadi dengan uang milik perusahaan tercampur, maka akan kesulitan dalam melihat arus pendapatan dan pengeluaran. Hal tersebut tentu akan menyebabkan kita kesulitan dalam menentukan atau melihat seberapa besar kapasitas perusahaan ditinjau dari aspek keuangan.

3.        Terasa kurang profesional

Dengan memiliki rekening perusahaan, mitra bisnis tentu akan merasa bahwa perusahaan lebih terpercaya dan transparan. Terlebih lagi penamaan pada rekening bukan atas nama pribadi melainkan menggunakan nama perusahaan. Maka dari itu, ketika suatu bisnis tidak memiliki rekening perusahaan maka akan terasa kurang profesional.

4.        Perhitungan pajak yang tidak tepat

Jika suatu perusahaan masing menggunakan rekening pribadi, maka dalam pembuatan laporan keuangan pun akan kurang tepat sehingga akan menyebabkan laporan pajak pun akan tidak sesa ui. Hal bisa terjadi karena pemasukan pribadi dianggap sebagai laba, karena dalam perhitungan pajak akan melihat pada pendapatan yang ada. Apabila ini dibiarkan terus menerus, jelas akan mengganggu pada pemenuhan untuk kebutuhan pribadi.

5.        Potensi diduga sebagai transaksi keuangan yang mencurigakan

Pada prinsipnya memang suatu perusahaan harus memisahkan antara uang pribadi dengan uang milik perusahaan. Penggunaan rekening atas nama pribadi dapat menimbulkan kecurigaan yang dapat dinilai tidak lazim.

Nah! Jadi sudah jelas bukan manfaat yang akan diterima jika memiliki rekening perusahaan. Jika ada yang perlu ditanyakan seputar pendirian perusahaan baik itu Firma, CV, PT dan lain sebagainya hubungi saja BOSA JASA. BOSA JASA ini merupakan perusahaan jasa konsultan bisnis profesional yang sudah dipercaya membantu ratusan para pelaku usaha untuk mendirikan perusahaannya.

KONTAK BOSA JASA

WA     : 081216319607

Email   : bosajasa@gmail.com

 

 

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *